Kegiatan market day yang dilaksanakan oleh siswa disadari ataupun tidak mampu menumbuhkan kreativitas, inovasi, dan soft skill di bidang kewirausahaan. Selain itu, kegiatan market day siswa mendapatkan pengalaman yang berharga dalam melakukan kegiatan ekonomi yang produktif. Melalui kegiatan tersebut, setiap siswa benar-benar memperlihatkan hasil kerja keras dan kerja cerdas mereka. Tujuan akhir dari kegiatan ini adalah menumbuhkan fighting spirit dan daya saing siswa dalam berwirausaha di era globalisasi dengan penguasaan keterampilan kewirausahaan.
Pelaksanaan market day merupakan waktu yang ditunggu-tunggu oleh siswa. Setiap kelompok beradu gagasan, inovasi, dan kreativitas dalam menghasilkan produk yang diminati oleh konsumen serta berusaha menarik perhatian konsumen melalui strategi marketing dan display yang menunjukkan nama produk, gambar, dan harga jualnya. Siswa terlihat antusias dalam melaksanakan proyek market day. Berbagai produk mampu diciptakan dan dikreasikan oleh siswa. Hal ini menandakan bahwa siswa secara langsung belajar menumbuhkan keterampilan kewirausahaan mereka. Strategi pemasaran yang dipilih oleh masing-masing kelompok juga sangat variatif, ada kelompok yang mempromosikan produknya dengan membawa papan display, ada yang berkeliling kepada konsumen, ada yang menggunakan pakaian unik dan pakaian seragam, dan ada yang memberikan bonus balon serta mahkota dari kertas karton kepada para pembeli. Pada tahap ini guru berkeliling ke masing-masing kelompok sambil melakukan penilaian. Kriteria penilaiannya yaitu: display stand dan produk, inovasi produk, strategi pemasaran, dan persentase keuntungan yang diperoleh masing-masing kelompok.
No comments:
Post a Comment