Saturday, 25 March 2023

Program Literasi Digital

 







Pengetahuan
Penggunaan
Pembuatan Konten
Membangun Aplikasi

A. Pengetahuan dan Pemahaman
- Mengenal Peralatan Digital
- Eksplorasi Sumber Informasi dan Identifikasi kata kunci
- Mengenal Internet Engine, Search Engine, Office Automation, AI

1. Mengidentifikasi
ƒ menentukan siapa target pendengar
ƒ memilih bentuk yang cocok untuk produk akhir
ƒ mengidentifikasi kata kunci – merencanakan sebuah strategi penelusuran
ƒ mengidentifikasi jenis–jenis sumber informasi dan mengalokalisir dimana
informasi dapat ditemukan
2. Menyeleksi
ƒ mencari sumber-sumber yang tepat dan sesuai dengan topik yang sudah dipilih
ƒ mendapatkan informasi yang sesuai dengan topik yang sudah dipilih
ƒ melaksanakan wawancara, field trips, atau penelitian di luar sekolah
3. Mengeksplorasi
ƒ memilih informasi yang relevan
ƒ memutuskan mana informasi yang terlalu mudah, terlalu sulit atau yang biasa
ƒ mencatat informasi yang relevan dengan membuat catatan atau membuat visual organiser
ƒ mengidentifikasi tahapan-tahapan dalam proses penelitian
ƒ mengumpulkan sitiran yang tepat
4. Mengorganisir
ƒ menyortir informasi
ƒ membedakan antara fakta, opini dan fiksi
ƒ memeriksa ketumpangtindihan dalam sumber-sumber
ƒ menyusun informasi dalam susunan yang logis
ƒ menggunakan visual organiser untuk membandingkan atau mengkontraskan informasi
5. Membuat
ƒ menyiapkan informasi dalam bahasa yang dibuat sendiri
ƒ merevisi atau mengedit (sendiri maupun dengan teman)
ƒ menyelesaikan format bibliografi
6. Mempresentasi
ƒ melakukan latihan untuk mempresentasikan hasil karya penelitian
ƒ membagikan informasi kepada pendengar
ƒ mendisplay informasi dalam bentuk yang tepat sesuai dengan pendengar
ƒ menset up dan menggunakan perlengkapan dengan semestinya
7. Menilai
ƒ menerima masukan dari pendengar
ƒ menilai performance orang lain sebagai respons terhadap penilaian guru
ƒ merefleksikan sudah seberapa baiknya penelitian ini dilakukan
ƒ mengungkapkan ketrampilan-ketrampilan baru yang telah dipelajari dalam proses penelitian ini
ƒ memperhatikan hal-hal apa saja yang dapat dilakukan dengan lebih baik lagi diwaktu mendatang
8. Mengaplikasi
ƒ mereview masukan dan penilaian yang telah diberikan
ƒ Menggunakan masukan dan penilaian untuk tugas belajar selanjutnya
ƒ mengusahakan untuk menggunakan pengetahuan baru yang diperoleh di dalam situasi yang beragam
ƒ menentukan dalam subjek-subjek lain apa saja, keterampilan-keterampilan inidapat diterapkan
ƒ memberi tambahan pada portfolio yang dibuat 









Referensi

https://documents1.worldbank.org/curated/en/562351611824219616/pdf/Digital-Skills-Frameworks-and-Programs.pdf
file:///C:/Users/ASUS/Downloads/Makalah-Keberaksaraan-Informasi-dan-Gerakan-Literasi-Sekolah-2016-Baru.pdf
http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/dyna-herlina-suwarto-msc/membangun-karakter-bangsa-melalui-literasi-digital.pdf
https://repositori.kemdikbud.go.id/11635/1/cover-materi-pendukung-literasi-digital-gabung.pdf
https://news.bsi.ac.id/2022/02/02/pentingnya-literasi-digital-dalam-dunia-pendidikan/
https://ftmm.unair.ac.id/wp-content/uploads/2021/10/Migrant-Worker-Empowernment-Literasi-Digital-untuk-Pekerja-Migran-Secure-1-1.pdf

No comments:

Post a Comment

DT PLUSK 1

https://okursus.com/kursus-bisnis-baju-seragaman/ https://www.youtube.com/watch?v=dlRF12cruA8