Monday 22 May 2023

Framework CI - Tiket Bus

Proyek yang berfungsi penuh berdasarkan Sistem Pemesanan Tiket Bus Online yang menggunakan Bahasa PHP dengan Kerangka Web CodeIgniter. Proyek CodeIgniter PHP berikut berisi semua fitur penting yang dapat digunakan oleh mahasiswa TI tahun kedua untuk proyek kuliah mereka. Ini memiliki sejumlah fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengelola dan memesan tiket bus online. Sistem ini serta konsep aplikasi web semuanya jelas. Ini sama dengan skenario kehidupan nyata dan diimplementasikan dengan baik. Untuk mendownload project sistem booking tiket bus gratis di PHP dengan file source code, silahkan scroll kebawah postingan ini untuk tombol Download.

Tentang Sistem Pemesanan Tiket Bus Proyek PHP

Secara khusus, proyek Sistem Pemesanan Tiket Bus Online di PHP CodeIgniter ini berfokus terutama pada pemesanan tiket bus secara online. Untuk lebih tepatnya, sistem membantu melacak catatan bus, jadwal, penumpang, dan lainnya dengan informasi masing-masing (codeastro.com). Juga, sistem berisi semua sisi manajemen terminal. Selain itu, sistem juga menghasilkan e-tiket untuk penumpang. Terbukti, proyek ini berisi panel admin dengan panel pelanggan/penumpang. Dalam ikhtisar aplikasi web ini, akun penumpang memiliki peran dan kontrol minimum terhadap sistem. Dia harus mendaftarkan diri untuk memesan tiket bus online. Pengguna dapat mencari jadwal yang tersedia dengan memberikan detail seperti tanggal, asal, dan tujuan. Sebagai gantinya,

Menyelami prosedur pemesanan online, pengguna harus melanjutkan pemesanan setelah pemilihan jadwal bus. Di sini, pengguna dapat melihat deskripsi tiket dengan pilihan kursi bus. Ada sejumlah kotak centang yang mewakili total kursi di dalam bus. Secara total, hanya tersedia 23 kursi untuk setiap bus. Selain itu, seorang penumpang hanya dapat memesan empat kursi sekaligus. Selebihnya, pelanggan harus memberikan detail identitas pelanggan dan memilih metode pembayaran (codeastro.com). Setelah semua langkah ini, pengguna akhirnya dapat memesan tiket untuk waktu tertentu sebelum melakukan pembayaran. Tiket yang dipesan memerlukan penyerahan pembayaran yang langkah-langkahnya disebutkan dengan jelas di halaman masing-masing. Terakhir, dia harus menunggu verifikasi pembayaran terakhir sebelum menerima tiket bus.

Pembayaran, E-Tiket, dan Lainnya

Pelanggan harus mengisi formulir cepat setelah melakukan pembayaran. Dimana sistem menanyakan nama pengirim, nama bank, dan nomor rekening dengan melampirkan bukti pembayaran. Sehubungan dengan langkah-langkah yang disebutkan di atas, pengguna hanya dapat menerima tiket mereka setelah mendapat persetujuan dari administrator sistem. Selain itu, pengguna juga dapat mengecek status tiket mereka dari bagian tiket saya, yang khusus berfungsi untuk tiket yang tertunda. Di sini, pengguna harus memberikan kode booking untuk mengecek apakah tiket masih dalam status pending atau cancel. Sistem menunjukkan semua tiket yang dipesannya masing-masing dengan status masing-masing. Tidak hanya itu, pengguna juga dapat mengunduh kode Qr untuk setiap tiket yang dipesan (codeastro.com). Faktanya, sistem secara otomatis menghasilkan Kode Qr. Selain itu, pengguna dapat melihat/memperbarui profil dan kata sandi mereka.

Panel admin

Pertama-tama, proyek ini berisi dua level admin berbeda yang dipisahkan sebagai pemilik dan administrator. Tingkat pemilik memiliki kontrol penuh atas sistem Dia dapat mengelola semua pengguna sistem, laporan, jadwal, bus, terminal, dan sebagainya. Sedangkan, level administrator memiliki akses ke semua kecuali manajemen pengguna sistem, bank, dan bagian laporan (codeastro.com). Di sini, setiap bagian memiliki detailnya masing-masing seperti nama, gambar, dan detail penting lainnya. Baik pemilik maupun administrator dapat memiliki ikhtisar tentang total pemesanan yang tertunda, tiket yang terjual, daftar pembayaran, terminal, dan jadwal dari dasbornya. Sekarang berbicara tentang bagian yang hanya dapat diakses oleh pemilik akun, yang terkait dengan informasi bank. Pada bagian ini, pengguna sistem dapat menjumlahkan detail bank yang terhubung dengan pilihan metode pembayaran pelanggan.

Bus, Manajemen Terminal

Sekarang inilah hal pertama manajemen untuk sisi administrator. Itu untuk menyiapkan catatan dan terminal bus. Kedua level admin dapat mengelola catatan bus untuk sistem. Sistem ini memerlukan detail dasar bus seperti nama bus dengan nomor plat, dan jumlah tempat duduk. Untuk menunjukkan bahwa nomor kursi tidak boleh lebih dari 23. Jika terlampaui, tidak akan berpengaruh pada sistem karena sistem hanya menampilkan nomor kursi hingga 23 selama pemesanan online dari sisi klien (codeastro.com). Bergerak menuju manajemen tujuan/terminal, pengguna sistem dapat menambahkan sejumlah lokasi dengan terminalnya masing-masing. Padahal, informasi ini berhubungan langsung dengan bagian manajemen jadwal. Untuk menambahkan lokasi/terminal, dia harus memberikan tujuan dan nama terminal. Juga,

Manajemen Jadwal

Ketika datang ke proyek seperti sistem pemesanan tiket, pengguna harus dapat mencari jadwal bus yang tersedia. Dan ada satu di sini. Dari bagian manajemen jadwal, pengguna sistem dapat mengatur sejumlah jadwal yang berbeda untuk setiap bus dan rute. Pada kenyataannya, masyarakat menginginkan berbagai macam jadwal bus dengan rute yang diinginkan dan semuanya, yang dapat diatur dari bagian ini dengan mudah. Ada banyak bidang di bawah pengelolaan bagian ini (codeastro.com). Sistem memerlukan berbagai detail untuk menetapkan jadwal baru. Seperti pemilihan rute [asal dan tujuan], bus yang tersedia, waktu keberangkatan & kedatangan, dan total harga. Selain itu, setiap jadwal akan memiliki kode jadwal uniknya sendiri. Pengguna dapat melihat daftar informasi terjadwal dan mencari rute bus yang diinginkan.

Kelola Pemesanan dan Daftar Pembayaran

Semua prosedur untuk memesan tiket dari sisi klien disebutkan dengan jelas di atas dan bagian ini berfokus terutama pada panel admin. Semua perincian pemesanan yang tertunda serta perincian konfirmasi pembayaran disajikan di bawah bagian daftar pemesanan dan pembayaran. Dia dapat melihat detail pemesanan seperti kode, nama penumpang, tanggal, tanggal pembelian, dan jumlah tiket dengan status masing-masing. Di sini, status mewakili status pemesanan saat ini, apakah sudah dibayar, tertunda, atau dibatalkan. Administrator dapat melihat detail konfirmasi pembayarannya dengan gambar bukti terlampir dan detail pembayaran lainnya (codeastro.com). Setelah memverifikasinya, pengguna cukup menandai pemesanan yang tertunda sebagai sudah dibayar, atau belum dibayar, atau membatalkannya. Dengan itu, sistem secara otomatis menghasilkan tiket elektronik untuk semua pemesanan berbayar yang terlihat jelas oleh admin dan penumpang. Semua detail pengiriman pembayaran tercantum di bawah bagian daftar pembayaran.

Tiket dan Laporan

Selain itu, setelah pemesanan berhasil, sistem secara otomatis menghasilkan tiket elektronik untuk pelanggan yang tercantum di bagian ini. Pengguna dapat mengetahui informasi tiket dengan cepat seperti kode tiket, nama penumpang, nomor kursi, dan kode jadwal. Padahal, sistem hanya menampilkan semua tiket berbayar di sini. Pengguna sistem dapat melihat dan mengunduh tiket. Di sisi lain, pemilik hanya dapat mengakses bagian laporan. Di sini, pengguna dapat melihat laporan penjualan tiket total dalam rentang tanggal tertentu. Akibatnya, sistem menghasilkan laporan berdasarkan rentang tanggal dengan informasi terperinci (codeastro.com). Seperti nomor tiket, nama penumpang, kode booking, umur, nomor kursi, dan harga. Laporan tersebut juga akan menyertakan bagian untuk menampilkan jumlah total penjualan tiket dalam rentang tanggal yang diberikan. Di samping itu,

Administrator juga dapat mencari detail pemesanan dengan memberikan kode pemesanan dari form pencarian bilah atas. Jika terjadi kebingungan, sistem telah menunjuk untuk mencatat semua langkah untuk memesan dan mengelolanya. Last but not least, dasbor yang bersih dan sederhana disajikan dengan berbagai kombinasi warna untuk pengalaman pengguna yang lebih baik saat menggunakan Proyek Sistem Manajemen Tiket Bus ini di PHP MySQL. Untuk elemen UI-nya, framework CSS open-source gratis; Bootstrap juga mendukung beberapa CSS Vanilla. Menghadirkan Proyek Sistem Pemesanan Tiket Bus Online baru dalam PHP yang mencakup panel admin. Itu juga berisi semua fitur penting untuk ditindaklanjuti dan merupakan sumber pengetahuan untuk tujuan pembelajaran.

Fitur yang Tersedia:

Interaksi Sisi Klien

panel admin

Panel Pelanggan

Cari Jadwal Bus

Pesan tiket online

Opsi pembayaran

Hasilkan Kode Qr Otomatis

Penyerahan Bukti Pembayaran

Cetak, Unduh E-Tiket

Batalkan Tiket

Cek Tiket

Lihat, Perbarui Profil

Ganti kata sandi

Manajemen Bus

Manajemen Rute

Manajemen Jadwal Bus

Kelola Pemesanan

Lihat Tiket Berbayar

Lihat Daftar Pembayaran

Siapkan Detail Bank

Laporan Penjualan Tiket

Manajemen Pengguna Sistem

Daftar Pelanggan Terdaftar

Cari Catatan





No comments:

Post a Comment

Data Studio - Menghubungkan Form Sheet dan Studio

  https://www.youtube.com/watch?v=n3WzBxNyJJQ